Internet meme

Pernah melihat yang semacam ini beredar di jejaring sosial?

Atau yang seperti ini?

Gambar di atas, disebut meme (baca: mim). Tepatnya Internet meme, karena beredar di dunia maya. Semula banyak beredar di dalam forum saja. Namun belakangan dengan maraknya jejaring sosial, kepopulerannya terus meningkat. Umumnya berupa gambar disertai tulisan yang dimaksudkan untuk humor, dari yang kurang lucu, lucu, sangat lucu sampai yang sinis dan sarkas. Menurut wikipedia, definisi Internet meme adalah suatu ide yang dipropagandakan melalui world wide web. Ide ini bisa mengambil bentuk sebuah hyperlink, video, website, hashtag, bahkan sekedar kata atau frase. Kepopulerannya terjadi sangat cepat dan mendunia, namun bisa menghilang hanya dalam hitungan hari.

Sebuah Internet meme bisa tetap sama seperti ia pertama kali dan bisa juga berubah dengan adanya komentar, peniruan, parodi, bahkan berita tentang meme itu sendiri. Ini contohnya:

Tanpa banyak penjelasan, kita bisa tahu karakter meme “Y U No Guy” (walaupun tidak digambar dengan wajah seharusnya) dipergunakan dalam aksi protes di Mesir mempertanyakan keengganan Mubarak turun dari kursinya.

Sebuah website, knowsyourmeme.com berusaha mendokumentasikan Internet meme ini, termasuk kapan waktu ia muncul dan apa saja variasi yang telah dilakukan orang-orang terhadap Internet meme tersebut. Ada website menyediakan layanan untuk membuat Internet meme berdasarkan karakter-karakter yang telah dikenal. Salah satunya adalah memegenerator.com. Pengunjung bisa memilih karakter favorit lalu memasukkan kata-kata atau kalimat yang diinginkan. OFYMemes juga menarik untuk dikunjungi jika ingin melihat Internet meme yang bisa mengundang senyum.

Sebenarnya, jika hendak dibahas secara ilmiah, Internet meme ini punya sejarah yang berawal dari tahun 1976. Persisnya ketika kata “meme” muncul pertama kali dalam buku berjudul The Selfish Gene. Penulisnya, Dawkins, mengambil meme dengan memendekkan sebuah kata dari bahasa Yunani, “mimeme” yang berarti “sesuatu yang ditiru”. Konsep “meme” mengidentifikasikan ide atau nilai yang dipindahkan dari satu orang ke orang lain atau dari sekelompok orang ke kelompok lain.

Ini mengingatkan saya pada istilah biologi yang saya pelajari jaman SMP: “mimikri”. CMIIW, seingat saya “mimikri” itu adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyerupai lingkungan tempat ia berada. Contohnya bunglon yang bisa berubah warna sesuai tempat ia berada.

Balik lagi ke definisi dari Dawkins, meme disebut sebagai suatu transmisi budaya, atau suatu imitasi dan replika/peniruan. Dalam transmisi ini sendiri, dapat terjadi perubahan, baik itu penambahan, pengurangan tergantung anggapan dari orang yang melakukan transmisi tersebut; apakah meme ini dianggap baik atau buruk.

Menarik.

Selengkapnya bisa baca di sini untuk bahasa Indonesianya, dan di sini untuk tulisan aslinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s