Banjarmasin, Hari #2

Bangkit dari tempat tidur agak siang jadi semacam kemewahan bagi saya setelah punya anak. Mumpung sedang berpergian sendirian, rencananya mau malas-malasan dulu. Tapi baru sekitar pukul 6 lewat, pintu sudah diketuk oleh pengantar sarapan. Okelah, ketimbang dibiarkan jadi dingin, saya langsung menikmati secangkir teh hangat dan semangkuk bubur ayam yang enak dari penginapan.

Kelar mandi dan beres-beres, pintu saya diketuk lagi, rupaya Mas Jojo dari kamar sebelah. Beliau langsung ngajak diskusi soal radio dan pelatihan yang sepertinya dipersiapkan oleh tenaga-tenaga yang kurang berpengalaman. Kami baru mendapatkan tiket perjalanan H-1 dan sama sekali tidak memegang surat undangan pelatihan dan rincian kegiatan sebelum kami berinisiatif meminta. Setelah mengalami satu hari di lokasi pelatihan, antara perbedaan harapan ketika menerima pemberitahuan mengenai pelatihan dengan dari kenyataan yang ada, sangatlah jauh. Niatnya dapat ilmu malah lebih banyak berbagi. Bukannya pelit ilmu, cuma rasanya dengan tumpukan pekerjaan yang ditinggal, rasanya tidak sebanding. Sepertinya penyelenggaraan sampai 5 hari cukup mubazir waktu dan biaya. Saya pikir, materi hari pertama yang diisi perkenalan (icebreaking) dan ekspektasi terhadap training sebenarnya bisa dipadatkan menjadi satu sesi saja.

Seharusnya pihak penyelenggara memperhatikan latar belakang dan kebutuhan masing-masing peserta yang diundang, yang sebetulnya sudah mereka dapatkan dari hasil angket pra kegiatan, sehingga materi pelatihan bisa disesuaikan. Okelah, mungkin bisa dianggap penyegaran, namun tetap saja, yang hadir dalam pelatihan tidak berimbang. Ada yang punya pengalaman puluhan tahun, ada juga yang sama sekali belum pernah bertanggung jawab soal program radio. Dari 10 peserta yang dijanjikan pun hanya nongol 6!

Saya cuma bisa berharap guest trainer yang dijanjikan dan kunjungan ke radio setempat esok bisa mengobati kekecewaan yang terlanjur muncul. Mari beristirahat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s