Kehilangan, lagi.

Baru saja kehilangan Mile terobati dengan kelincahan dan kemanjaan si Musang, kehilangan itu terjadi lagi.

Dua hari lalu, ia tak muncul saat makan siang. Biasanya malam hari, ia akan mengeong di pintu minta masuk. Keesokan siangnya, saya temukan ia terbaring di teras belakang dengan kondisi berliur. Cepat-cepat dibawa ke klinik walaupun saya sudah pesimis. Diagnosa dokter, cat flu. Penyakit yang beberapa kali juga telah merenggut nyawa kucing peliharaan saya. Sama seperti avian flu di kalangan unggas, cat flu juga sama bahayanya.

Benar saja, walaupun sudah disuntik dan diberi antibiotik, ia tak tertolong. Muntah lendir berkali-kali. Sore hari, tubuhnya yang masih hangat sudah kaku. Saya tak kuasa menahan sedih. Ah, seandainya saja di sini sudah ada rumah sakit hewan yang memberikan perawatan maksimal. Karena tak semua penyakit bisa ditangani oleh dokter dengan sekali kunjungan. Apalagi kalau peliharaan menolak makan minum, bisa mati karena dehidrasi.

Flu kucing yang saya maksud berbeda dengan flu kucing biasa. Saya tidak paham istilah kedokteran, tetapi secara kasat mata gejalanya berbeda. Flu kucing biasa, umumnya menyerang kucing berhari-hari. Hidung selalu basah dan kerjanya bersin melulu. Persis ketika kita menderita pilek dengan hidung meler. Tidak ada masalah dengan nafsu makan dan tetap bergerak aktif. Flu kucing yang mematikan berbeda. Kucing bisa mati hanya dalam waktu 1-2 hari sejak terserang. Mendadak tak berselera makan dan tak mampu bergerak.

Saya tak tahu darimana ia tertular, karena kucing-kucing lain berada dalam kondisi sehat. Apalagi si Musang pun tergolong kucing sehat yang rakus makannya. Saya cuma bisa berharap saudara-saudaranya tak tertular.

Ini salah satu foto kenangan yang sempat saya buat. Saat ia sedang tidur bersama kembarannya si Mucil, yang alhamdulillah masih sehat sampai sekarang. We miss you already.

One thought on “Kehilangan, lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s