Do you believe in zodiac?

Pertanyaan itu terlontar dari kolega saya kemarin, saat sedang membaca-baca contoh majalah kampus, tugas kelompok mahasiswa. Salah satu rubrik yang mereka tampilkan adalah zodiak. Lantas jawabnya apa? Saya jawab saja, “Yes, but not that fortune telling sort of thing.”

Ya, saya memang tertarik untuk membaca hal mengenai zodiak, tetapi bukan untuk mengetahui peruntungan saya minggu ini. Standar kan, biasanya orang baca zodiak pengen tahu peruntungan jodoh, kesehatan dan keuangan hehehe…. Bagi saya, memahami zodiak hanyalah salah satu cara untuk memahami karakter atau sifat orang lain. Saya rasa semua juga tahu, ada semacam kemiripan sifat bagi orang-orang yang bernaung di bawah rasi bintang yang sama. Misalnya, katanya orang Leo itu punya rasa percaya yang tinggi tetapi suka meremehkan orang lain, atau orang Aquarius katanya senang menolong tetapi pemboros.

Tentu saja tidak ada yang 100% akurat, karena sifat seseorang juga dipengaruhi oleh lingkungannya, pola asuh keluarga, agama yang dianut, tingkat pendidikan, dll. Sehingga rasanya sungguh konyol ketika ada orang yang berkeras harus mendapatkan jodoh orang dengan rasi bintang tertentu hanya karena ia merasa hanya bisa cocok dengannya. Menurut saya, semuanya akan berjalan natural saja. Ketika hendak berteman dengan seseorang misalnya, mana mungkin kita mengecek kapan dia lahir supaya rasi bintangnya serasi, heheheh…  Tetapi setidaknya, dengan mengenali zodiaknya, kita bisa memahami karakter dasar teman atau pasangan, sehingga bisa bersikap tepat ketika berhadapan dengannya.

Tidak lebih dari itu.

One thought on “Do you believe in zodiac?

Tinggalkan Balasan

