Maling-maling cilik

Ada apa dengan adab dan tingkah laku anak jaman sekarang? Sedemikian diabaikannyakah oleh para orang tua? Tampaknya sudah semakin dilupakan nasihat sederhana semacam:

“Jangan mengambil yang bukan milik kita.”

“Permisi kalau mau masuk halaman/rumah orang lain.”

“Minta izin dulu kalau mau meminta dari yang punya.”

Ibu saya barusan memergoki 3 anak lelaki usia SD-SMP masuk ke dalam kolam di belakang rumah menangkapi ikan. Ikan yang kami piara memang bukan ikan hias mahal semacam koi. Hanya ikan nila dan sejenisnya. Tentu bukan masalah ikannya, melainkan mengapa mereka sampai mencuri? Bahkan dengan seenaknya mereka membuang tanah dan tanaman dari 2 pot bunga di pinggir kolam, agar potnya bisa dipergunakan sebagai gayung pengambil ikan.

Posisi kolam ini cukup tersembunyi. Orang harus mengitari rumah dari jalan masuk di depan untuk sampai ke kolam. Apa berarti mereka sudah berniat untuk maling?  Ini bukan pertama kalinya? Wajarkah jika lantas kami curiga anak-anak semacam ini juga yang mengambil jemuran, sepatu, bahkan ponsel dan laptop yang beberapa kali hilang? Siang-siang bolong seperti ini pun mereka berani beraksi. Apalagi kalau malam?

Begitu pintu dibuka mereka langsung berlarian sampai sandal jepitnya ketinggalan. Seandainya mereka berhasil mengambil ikan-ikan itu, apa yang akan mereka perbuat? Membawanya kembali ke rumah masing-masing? Tidakkah orang tuanya curiga? Atau memang tak pernah peduli? Karena saya yakin, dengan keberanian semacam itu, aksi ini bukan pertama kalinya mereka lakukan.

Sungguh memprihatinkan. Mereka sungguh muda.  Mau jadi apa jika sudah besar? Bongkar rumah orang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s