Life Is An Adventure?

Saat saya masih TK dulu di awal tahun 80an, Jalan Sumatera belum seramai sekarang. Masih satu jalur dengan parit yang cukup lebar. Parit yang cukup sehat didiami banyak makhluk air, termasuk belut yang sering ditangkapi saudara saya untuk digoreng sebagai lauk makan malamnya. Enak katanya. Tetapi saya enggan karena jijik dengan asalnya dari parit yang kotor.

Sekarang, paritnya masih ada, makin kotor, dan makin sempit sehingga seringkali kesulitan menampung air yang turun deras saat hujan. Perbedaan lainnya, tak ada lagi yang iseng memancing belut di pinggiran parit yang sudah disemen itu.

Lahan makin sempit, manusia makin banyak. Parit-parit kecil di gang satu per satu ditutup demi kepentingan pelebaran jalan, atas nama kepentingan dan kenyamanan bersama. Namun satu hal yang sering dilupakan, wilayah untuk anak bermain. Padahal Pontianak itu termasuk yang menjadi ujicoba Kota Layak Anak, lho.

Di gang saya, satu-satunya tanah lapang yang sering dipakai warga main bola atau layangan sudah berganti rupa dengan ruko setengah jadi tetapi sudah laku dibeli orang. Parit yang tersisa kotor dan  sempit, kasihan bebek yang ingin berenang kesulitan meloncati pinggir parit yang terjal dan keras karena sudah disemen.

Itu baru nasib si bebek.

Seperti kata di iklan susu, bagi anak-anak, life is an adventure. Dengan keterbatasan kondisi lingkungan yang tidak memungkinkan mereka bermain dengan bebas, di antara mereka mungkin muncul ide yang tidak sepatutnya. Menjaring ikan di kolam tetangga, misalnya. Barusan saya memergoki sekelompok anak usia sekolah sadar sedang menjaring ikan di kolam belakang rumah, dengan jaring berukuran besar yang bahkan muat untuk menyarungi tubuh seorang anak. Kaget ditegur, mereka buru-buru kabur.

Entah apa yang ada di benak mereka. Saya jadi teringat cerpen-cerpen yang dulu sering saya baca di majalah Bobo, kisah anak-anak bandel yang suka mencuri mangga atau jambu milik tetangga. Petualangan yang menegangkan?

Well, life is an adventure, indeed.

One thought on “Life Is An Adventure?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s