Baru pulang kerja, Bu.

“Baru pulang kerja, Bu. Maaf terlambat.”

Terlalu sering ucapan semacam ini kerap terdengar di pintu masuk kelas setiap jadwal mata kuliah yang berawal pukul 16.30. Bahkan kadangkala ada mahasiswa yang tiba masih menggunakan seragam kantornya. Resiko, memang. Bekerja sambil kuliah tak gampang. Sulit membagi waktu. Apalagi kalau sudah dikirim perjalanan dinas ke sana kemari oleh kantor. Sudah menjadi semacam aturan tak tertulis bahwa dosen-dosen diminta untuk “memaklumi” mahasiswa dari kalangan profesional ini. Tak ada aturan semacam ditolak masuk kalau terlambat datang atau membombardir mahasiswa dengan tugas di setiap pertemuan.

Dengan kondisi yang membutuhkan manajemen waktu ketat ini, membuat mereka yang mempunyai keinginan belajar kuat, tampak nyata. Satu mahasiswa saya misalnya, rela untuk bolak balik Toho-Pontianak — berjarak ± 75 km dengan kondisi jalan antar kota yang tak selalu mulus dan lebih banyak gelap tanpa penerangan — sepulang kerja demi kuliah. Saya baru mengetahuinya ketika kebetulan menjadi pembimbing skripsinya. Salut.

Satu hal yang saya sayangkan dari keberadaan program reguler B alias ekstensi ini adalah sikap pukul rata terhadap para pekerja dan lulusan SMA yang rata-rata masih menganggur. Dengan “pemakluman” yang saya sebutkan tadi di atas, saya pikir tidak sehat. Membuat anak-anak muda yang baru lulus ini menjadi keenakan, menjalani kuliah yang terlalu santai. Seringkali mereka ini juga yang menimbulkan suara dengung dari barisan belakang karena asyik mengobrol. Berbeda dengan mahasiswa pekerja yang cenderung kelihatan mengantuk dan memilih diam karena kelelahan. Tapi bagaimana mungkin saya bisa membeda-bedakan pemberian tugas atau kedisiplinan dalam satu kelas yang sama?

Saya cuma bisa berharap ada kebijakan universitas untuk mengatasi kondisi ini. Membuka kelas Sabtu-Minggu khusus untuk mereka yang sudah bekerja, mungkin?

Iklan

One thought on “Baru pulang kerja, Bu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s