Apakah ini efisiensi waktu?

“Bahas mata kuliah 2 biji aja sampe datang ke sini segala. Bener-bener ngabisin anggaran!”

Demikian omelan kolega saya, saat menghadiri rapat pembahasan penyelenggaraan pertemuan untuk isi kurikulum mata kuliah beberapa waktu lalu.
Hmmm… Bayangkan saja, ada 15 mata kuliah yang harus dibahas standarisasinya secara nasional, sementara penyelenggaraannya dibagi-bagi di beberapa kota. Berarti masing-masing kota ada panitianya, yang masing-masing harus menyiapkan dari ruangan pertemuan sampai city tour bagi para peserta.

Saya sendiri tak bisa banyak berkomentar. Berhubung tidak tahu alasan kuat di belakangnya. Mungkin justru mempertimbangkan efisiensi waktu, karena jika harus mengumpulkan seluruh dosen program studi ilmu ini dari seluruh Indonesia untuk 15 mata kuliah akan sulit menemukan lokasi yang pas dan waktu yang sesuai bagi semua.

Tetapi kolega saya ini bersikeras dengan pendapatnya, betapa ini jadi pemborosan uang rakyat untuk secara khusus membahas 2 mata kuliah selama 2 hari. Dia tak habis pikir, apa saja yang akan dibicarakan sepanjang hari hanya untuk membahas satu mata kuliah? Benar juga, sih. Belajar dari pengalaman saya mengikuti beberapa sidang organisasi radio swasta, jika waktu tak dibatasi sesingkat mungkin, peserta akan mengulur-ngulur waktu debat kusir untuk hal-hal yang tidak prinsip. Mau dilaksanakan 2 jam atau 8 jam, hasil akhirnya tak akan berbeda, pertemuan yang berlangsung terlalu lama justru hanya akan melelahkan tubuh dan pikiran. Sehingga lebih baik dilaksanakan dengan waktu seefisien mungkin dengan agenda yang jelas dengan arahan dari moderator yang cerdas.

Saya cuma bisa berharap, kerja keras panitia dan diskusi para peserta yang hadir nantinya akan membuahkan panduan silabus yang update, mudah dipahami dan mencapai tujuan instruksional yang diharapkan. Semoga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s