Baru suka? Kemana aja?

Sebagai orang yang sudah menghabiskan sebagian hidupnya berurusan dengan pemilihan lagu, saya memiliki semacam naluri untuk mengetahui lagu mana yang bakal top mana yang tidak, terlepas dari sesuai tidaknya dengan selera saya. Apalagi dengan tekad Volare jadi yang terdepan soal musik di kota Pontianak, saya jadi terheran-heran dengan pendengar yang bolak balik request lagu tertentu padahal lagu itu sudah pernah berada dalam high rotation playlist beberapa bulan yang lalu.

Rasanya pengen nanya, “Darimana aja sih, kok baru tahu lagu ini?” Bahkan jadi pengen menuduh si pendengar sebagai swinger. Orang yang cuma dengerin radio saat lagu kesukaannya diudarakan. Sehingga dia rela pindah-pindah gelombang dan kirim request yang serupa di tiap radio. Jadi jangan heran kalau namanya begitu ngetop karena sering disebut-sebut oleh penyiar di banyak radio!

Yang mengesalkan sebenarnya adalah jika yang bersikap seperti itu adalah penyiar. Bolak balik nyetel lagu basi karena baru suka. Apa memang jarang mendengarkan radionya sendiri? Tak sempat mendengarkan saking padatnya aktivitas? Hello, we’ve got those lists called music charts. Updated every week! Maaf, numpang komplain sedikit.

Tapi memang tak bisa dipungkiri, ada tipe-tipe orang yang harus dirangsang secara visual terlebih dahulu baru ngeh. Contohnya, untuk soal lagu, seseorang baru ngeh suatu lagu tergolong enak ketika melihat video klipnya. Padahal lagu itu sudah diperkenalkan jauh lebih awal oleh radio sebelum videonya keluar. Beruntunglah kalau memang si artis punya konsep menarik untuk video, sehingga membuat lagunya terdengar lebih keren.

Jadi, untuk band-band baru, jangan pelit untuk menyisihkan budget pembuatan video klip ya. Supaya lebih cepat dikenal masyarakat :)

Lagu pilihan saya pekan ini dari Miike Snow, “Paddling Out”, kebetulan punya video keren. Absurd namun mengandung humor yang tidak biasa. Sedikit mengerikan, heheh. See it for yourself.

One thought on “Baru suka? Kemana aja?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s