Hati-hati anak kecanduan game!

Sesuatu yang berlebihan sudah pasti tidak baik, apalagi kalau sampai tak bisa lepas dari kebiasaan itu.

Seberapa bahaya memangnya kecanduan? Bahaya sekali! Cobalah arungi mesin pencari, lalu temukanlah berita mengenai orang yang tewas gara-gara berhari-hari lupa makan minum dan istirahat hanya untuk bermain game. Tak kurang mengerikan kenyataan ada orang tua yang meninggalkan bayinya hingga meninggal gara-gara asyik di depan komputer. Anak jaman sekarang pula, sudah begitu akrab dengan gadget milik orang tuanya. Bahkan orang tua yang kaya raya tak segan membelikan anaknya gadget dan permainan game mahal.

Ngga perlulah ya saya berpanjang lebar bahas soal bahayanya kecanduan. Sedikit berbagi pengalaman, anak sulung saya bisa dibilang hampir kecanduan game komputer. Dan inilah yang terjadi padanya:

sebelum ditangani

setelah ditangani

Nyata bedanya, kan?

Foto pertama menunjukkan betapa kurusnya dia, dengan raut wajah dan tatapan mata tak bergairah. Padahal hari itu sedang merayakan ulang tahunnya yang ke-6 dan mendapatkan setumpuk hadiah! Cengengnya setengah mati. Enggan disuruh makan, minum susu apalagi istirahat.

Foto kedua diambil kira-kira 2 minggu setelah dia mendapatkan resep vitamin dari dokter dan penerapan disiplin dari seisi keluarga. Alhamdulillah, kebiasaan buruknya itu bisa ditangani sebelum ia betul-betul kecanduan.

Kecanduan bisa terjadi terhadap benda apa saja, mulai dari makanan sampai benda-benda yang memberikan hiburan. Belajar dari pengalaman saya, kecanduan berangkat dari kurangnya perhatian kepada anak. Kadangkala kita menyangka, menuruti permintaannya, sama dengan memberikan perhatian, karena bisa membuatnya senang. Padahal, anak belum bisa membedakan mana keinginan mana kebutuhannya.

Saya memang perlu lebih banyak lagi belajar jadi orang tua. (⌒▽⌒)☆

Iklan

One thought on “Hati-hati anak kecanduan game!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s