Pernah dengar sawi ateng?

Beberapa kali saya mendengar istilah ini dipakai ibu saya saat membahas menu makanan harian. Ngga pernah ambil peduli sebelumnya, tetapi kemarin saya tergerak untuk bertanya,

Sawi ateng tuh bok choy ya? Apa kailan?

Eh… bok choy kayaknya. Kailan kan lain lagi.

Kok disebut ateng? Karena pendek?

Hahahaha… iya…

Istilah orang lama, dong? Anak sekarang mana tau sama Ateng.

*ibu saya ketawa lagi*

Nanya sendiri jawab sendiri ya… ( ´∀`)

Bok Choy alias sawi pendek alias sawi ateng :)

Bok Choy alias sawi pendek alias sawi ateng :)

Bok choy, adalah sejenis sawi yang banyak dipergunakan dalam masakan cina. Bentuknya pendek, kalau ke pasar, cari saja sawi pendek. Atau, mungkin, sawi ateng, ya.

Terus, Ateng itu siapa? Singkat cerita, Ateng itu salah satu pelawak dan pemain film komedi terkenal Indonesia, yang kebetulan bertubuh pendek. Banyak filmnya yang saya tonton di televisi, maklum, jaman filmnya mulai masuk bioskop, mungkin saya pun belum lahir.

Oh, ya saya juga ingat, Ateng ini adalah pemerang Bagong di acara wayang orang punakawan di TVRI dulu. Nama acaranya Ria Jenaka. Kalau tak salah, muncul setiap hari Minggu siang. Biografi singkatnya bisa dibaca di Wikipedia.

Sepertinya iseng amat ya, nulis topik begini. Tetapi bagi saya yang punya minat soal bahasa, penyebutan sawi pendek jadi sawi ateng, sungguh menarik. Mungkin ada juga benda lain di sekitar kita yang memiliki penamaan serupa tanpa kita sadari.

Misalnya, nama kue apam ade. Apakah karena nama penjualnya dulu bernama si Ade, atau karena ukurannya kecil dibanding apam pada umumnya sehingga disebut apam ade (adik)? Siapa tahu, kan?  (ヘ。ヘ)

One thought on “Pernah dengar sawi ateng?

  1. haha.. menarik mbak.. waktu kecil, saya masih sempat melihat Pak Ateng ini di acara yang mbak sebutkan itu :) sekarang mah udah nggak ada lagi acara begituan di tv, kebanyakan infotainment skrg :)

Tinggalkan Balasan

