Stempel Masa Lalu

Pagi ini, satu temen saya curhat. Ia merasa terganggu dengan omongan orang-orang mengenai hubungannya dengan seorang mantan. Yang bikin kesal, itu sudah terjadi sekian lama. Masing-masing juga sudah punya pasangan baru, kok masih diributin aja, sih?

Ceritanya mengingatkan saya pada kejadian tadi malam. Keluar dari supermarket, saya berjumpa dengan seorang teman masa SMA. Dia memandangi saya agak lama, untuk memastikan apakah itu saya, dan berhasil mengingatnya dengan baik (sial, saya malah lupa namanya!). Pertanyaan yang kemudian keluar dari mulutnya dengan ekspresi wajah keheranan adalah:

Kok kurus? Sakit ya?”

Oh my.  Ada yang salah untuk berubah wujud? Ini adalah kesekian kalinya saya mendapat pertanyaan demikian. Bukannya saya sekarang langsing bak foto model, tetapi memang saya tampak lebih kurus dibanding masa pertumbuhan saya dulu. Jaman SMA dan kuliah di tahun-tahun awal sempat montok dan menggemaskan (^^,)

Bahkan ketika pergi KKN, ada seorang warga di sana yang nanya ke teman saya, apakah saya sedang hamil(!) Sempet rada emosi dengan tuduhan demikian. Lalu saya mikir, ah ya, perempuan desa rata-rata langsing cenderung kurus. Karena mereka banyak berjalan kaki dan kerja di sawah/ladang. Bandingkan dengan perempuan kota yang kemana-mana naik mobil ini…  Wajar saja jika ada yang merasa aneh dengan tubuh gemuk saya dibandingkan mereka dan teman-teman sekelompok. Jadi malu sendiri. (_ _’)

Nah, poin yang saya maksud di sini adalah, seringkali di jidat kita ini ada semacam stempel dari masa lalu yang tak akan pudar di mata orang lain. Orang akan mengingat kita sesuai dengan apa yang mereka tahu dulu, baik untuk urusan sepele macam bentuk tubuh sampai ke tingkah laku kita. Pemikiran ini membuat saya berpikir, kita emang harus lebih hati-hati dalam bersikap dan berbuat. Jangan sampai stempel masa lalu menghambat langkah kita untuk maju.

(^^)/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s