Teh di sini, Teh di sana…

Senyum-senyum jadinya baca twit frustrasi Sasa, si mahasiswa baru. Ini pengalaman lazim para pendatang di Jakarta dan Jawa Barat yang merasa aneh dengan teh yang tidak akan disajikan manis, jika lupa dengan sengaja memesan yang manis. Bukannya pelit gula, namun itulah kebiasaan di sana.

Screen Shot 2013-09-24 at 1.46.59 AM

 

Kalau yang ini pengalaman mahasiswa pendatang di kota Solo. Untungnya tak ada masalah dengan rasa, berhubung orang Jawa suka yang manis-manis. Yang jadi problem justru penyebutan teh es dan es teh. Buat orang Jawa, segala sesuatu yang diberi es, maka penyebutan namanya dengan es terlebih dahulu.

Beda dengan di Pontianak. Tidak selalunya yang mengandung es kami sebut es-nya terlebih dahulu. Ya, kami sebut es teler, es shanghai, es nangka, dll dengan kata es di depan, karena jika es-nya dihilangkan, hmmm…. apakah ada teler tanpa es?

Sebaliknya, kami sebut es di bagian belakang untuk teh es, jeruk es, kopi es, dll, untuk minuman yang juga bisa dinikmati tanpa es. Substansi utamanya adalah si minuman, bukan es-nya. Ingat hukum DM (diterangkan menerangkan) kan?  Wah, kok jadi seperti pelajaran bahasa saja ya? (^^,)

Tetapi memang, kekurangpahaman kita tentang bahasa yang dipakai oleh orang lokal, bisa membuat kita canggung dan salah gaya, lho! Saat saya menjadi pendatang baru di Malaysia misalnya. Sungguh kagok rasanya ketika memesan ice tea alias teh ais yang datang adalah teh es dengan susu. Mau diminum, kurang suka karena belum terbiasa. Mau dibiarkan, mubazir. Besok-besoknya lebih berhati-hati saat memesan dengan menyebut tea-o-ice untuk segelas teh manis dengan es. Mau pesan air putih saja? Jangan sebut air putih di sana, mintalah aek kosong atau water sekalian supaya si pelayan ngga bingung (^_^)d

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s