Usia pasar tentukan usia playlist

Bulan lalu, para bos BBC Radio 1 mengakui bahwa mereka menganggap Robbie Williams, yang kini 39 tahun, terlalu tua untuk diputarkan lagunya di stasiun mereka. Kok bisa? Itulah yang namanya segmentasi. Kalau BBC bisa membuat beragam stasiun radio dengan pasar yang berbeda-beda, mengapa harus memutar semua lagu baru di satu stasiun saja?

Screen Shot 2013-10-16 at 10.32.16 AM

Untuk siaran nasional, yang juga bisa disimak di internet, BBC memiliki lebih dari 11 stasiun. Sebagian di antaranya mengutamakan musik sebagai sajian. Masing-masing stasiun diarahkan memiliki pendengarnya sendiri, dan playlist-nya pun diramu sesuai dengan resep khusus yang sesuai dengan pasar sasaran masing-masing, yang berbeda rentang usianya.

Sederhananya begini, walaupun serumah, kita sendiri dengan abang atau adik yang punya preferensi musik yang berbeda, kan? Apalagi dibandingkan dengan orang tua.

Jadi, Robbie Williams pun tak bisa lagi marah ketika mengetahui alasan usia menjadi penghalang lagu-lagunya disetel oleh Radio 1. Pendengarnya yang berusia kurang lebih sama dengannya tentu akan lebih banyak mendengarkan lagu dari stasiun radio yang menyiarkan lagu-lagu setipe dengan lagu karyanya, ketimbang stasiun radio yang sering mengudarakan lagu-lagu dance dari para DJ.

Nah, kalau artis saja tak bisa memaksakan lagunya disetel oleh radio tertentu (sementara praktek pemutaran lagu berbayar alias payola itu dilarang), apalagi pendengar. Seorang pendengar tidak bisa memaksakan lagu yang menurut dia bagus untuk masuk ke playlist radio. Kalau ditolak, belum tentu berarti lagu itu tak bagus. Bisa jadi karena faktor-faktor lain seperti lirik, jenis musik, dll, sesuai kebijakan stasiun yang bersangkutan.

Sering kejadian di Radio Volare, pendengar (yang biasanya justru jarang mendengarkan) memesan lagu yang tidak ada dalam playlist, dan berujung pada kekecewaan dan menganggap Volare tidak mengikuti trend musik dunia. Sebaiknya, sebelum memesan lagu, simak dulu siaran radio tersebut, kenali tipe lagunya. Jika ada sumber informasi seperti music chart atau playlist harian, lebih baik lagi, bisa dicek langsung. Sehingga bisa langsung tahu, apakah lagu yang akan dipesan itu bakal tersedia atau tidak. Ngga pake marah (`_´)ゞ

Balik ke Robbie, lagu barunya enak. Rekomendasi untuk pekan ini ya  (ヘ。ヘ)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s