Cruelty in every cup

Pernah minum kopi luwak? Kopi luwak beneran, lho ya. Yang mahal itu, bukan yang cuma numpang minjam nama luwak untuk merk saja.

Mahal, karena mendapatkannya begitu sulit. Kopi yang diolah dari kotoran luwak ini harus susah payah dicari di hutan karena luwak adalah hewan liar. Namun, tampaknya manusia telah tergiur untuk mendapatkan uang dari si luwak. Luwak-luwak liar ditangkapi, dikandangi dan dipaksa makan melulu biji kopi. Banyak dari hewan-hewan malang itu menjadi neurotik, sakit kulit dan kurang nutrisi. Setelah mereka dianggap menurun kualitas produksinya, barulah mereka dilepas kembali ke alam bebas, kebanyakan dalam kondisi sakit dan diperkirakan tak bisa lama bertahan hidup.

Padahal, ada pihak-pihak yang percaya bahwa selain menunjukkan kekejaman terhadap hewan yang semakin meningkat, kehebatan kopi luwak hanyalah sekedar gimmick marketing. Rasanya tidak hebat, jenis kopinya biasa saja dan dinilai tidak istimewa oleh SCAA (Specialty Coffee Association of America)

Kabar ini baru saya ketahui saat membaca linimasa @GardaSatwa, yang memberitahukan bahwa organisasi perlindungan hewan PETA di Asia, baru saja melakukan konferensi pers untuk menyosialisasikan hal ini. Saya penasaran, mencari infonya, lalu mendapatkan video ini, hasil investigasi PETA:

BBC News pun ternyata pernah meliputnya:

Tega amat ya manusia (╥﹏╥)

Mau kucing, anjing, burung, apalagi luwak yang seharusnya hidup bebas lepas di alam liar, tak selayaknya mereka terkurung dan hidup menderita seperti itu…

Jangan beli. Jangan minum kopi luwak. Jangan merasa bergengsi karena mampu nikmati minuman mahal. Derita mereka ada dalam setiap cangkirnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s