Antara tisu dan air sabun

Perut mulas jadi pertanda kita harus buru-buru masuk kakus alias WC. Berbahagialah Anda yang bisa ke WC secara teratur setiap hari, karena itu menandakan tubuh Anda sehat. Banyak, lho yang setiap ke WC harus menderita gara-gara sembelit atau justru diare.

Gara-gara habis dari WC, lagi-lagi saya teringat akan pertanyaan yang sekian lama belum didapatkan jawabannya.

Mengapa ada orang-orang yang merasa bebersih di WC cukup dengan hanya menggunakan tisu?

soap-paperSungguh, saya tidak habis pikir. Dalam banyak artikel kesehatan seringkali muncul nasihat para ahli supaya orang-orang mencuci tangan menggunakan air dan sabun ketika selesai buang hajat. Lha, kok tempat keluarnya malah ngga disabun dan disiram air juga?

Pernah pula, saya menonton sebuah dokumenter di televisi, yang menceritakan bagaimana para ilmuwan mencoba memperkirakan kemana dan seberapa jauh bakteri berloncatan ketika toilet disiram. Kesimpulan akhirnya, mereka menyarankan peletakan tempat sikat gigi sejauh mungkin dari toilet dan sebaiknya ditutup. Lha, bagaimana dengan anggota tubuh yang mengeluarkan kotoran? Mengapa tidak diteliti sekalian berapa banyak bakteri yang tersisa jika cebok menggunakan air dan sabun dibandingkan dengan hanya dibersihkan memakai tisu toilet?

Bahkan saya pernah membaca sebuah blog orang asing yang merasa geli melihat bak mandi khas orang Indonesia yang terbuka. Ia beranggapan kotoran dan bakteri dari kloset di ruangan yang sama bisa masuk dengan mudahnya, serta membuat lantai menjadi becek. Sama saja, kami juga geli Anda tidak menyabuni sisa buang hajat. Bandingkan saja kalau kita habis makan dengan tangan, tentulah terasa tak bersih dan masih berbau jika hanya dilap dengan tisu, harus digosok betul-betul dengan air dan sabun.

Jadi, kalau sudah ada yang tahu jawaban atas pertanyaan saya tadi, beri tahu, ya :)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s