Vox Pop: Apa dan Bagaimana Membuatnya?

Vox-pop adalah sebuah istilah teknis di bidang jurnalistik media elektronik. Ketika penonton televisi atau pendengar radio mendengar beberapa orang memberikan pendapatnya untuk satu pertanyaan, itulah vox pop. Berhubung ada pekerjaan yang membutuhkan pembuatan vox pop, saya pun mencari-cari lagi informasi mengenainya. Berikut adalah materi yang berhasil saya dapatkan dan saya susun ulang, bersumber dari BBC, persisnya di sini dan sini. Semoga bermanfaat.

📱📻📱📻

Vox pop berasal dari bahasa Latin, vox populi, yang berarti ‘suara rakyat’

Vox pop adalah kumpulan opini tentang satu hal tertentu. Vox pop bukan wawancara, biasanya hanya terdiri dari satu pertanyaan, yang dijawab oleh sejumlah orang. Vox pop memberi ilustrasi apa yang dipikirkan orang tentang satu hal tertentu, misalnya pemerintah atau film terakhir yang dirilis. Pengambilan vox pop ini biasanya melibatkan ‘mencegat’ orang di tengah jalan/tempat umum dan mengajukan pertanyaan di tempat yang sama.

Vox pops berguna ketika melakukan peliputan di negara atau daerah, di mana orang-orang tidak terlalu nyaman berbicara dengan wartawan.

Format ini tidak mengharuskan orang-orang menyebutkan nama mereka, mereka tidak harus secara khusus menyiapkan jawaban dan jika tidak ingin diwawancara, mereka dengan mudah akan mengatakan tidak. Kecilnya tekanan ini membuat orang-orang lebih leluasa mengemukakan pendapat. Jika vox pops ini dipakai untuk radio, orang-orang yang dimintai pendapat akan lebih gampang untuk tidak membuka identitas, karena wajah mereka tidak akan ditampilkan.

Di mana tempat ideal untuk merekam?

Pikirkan, di lokasi mana vox pop akan dilakukan. Bahan bagus bisa didapat dari tempat di mana orang-orang biasanya bertemu atau berkumpul, seperti pasar dan tempat pemungutan suara. Jangan abaikan peraturan atau hukum setempat. Mungkin ada pembatasan liputan selama hari tenang atau di tempat-tempat tertentu.

Suara latar belakang, seperti lalu lintas atau taman bermain, akan terdengar menarik, asal bisa dipastikan suara tersebut tidak terlalu berisik. Suara di latar belakang harus selalu konstan. Suara yang harus dihindari adalah suara pesawat, karena bunyinya akan keras, lalu melemah. Hindari merekam di pinggir jalan untuk mencegah masuknya suara-suara yang akan mengganggu seperti klakson atau bunyi mesin mobil yang terlalu keras.

Bila suasana terlalu bising, suara orang-orang yang kita mintai pendapat bisa “tenggelam” dan akhirnya tak bisa didengarkan dengan baik. Bisa juga mencari vox pops di dalam ruangan seperti di kafetaria tapi pastikan suara suasana kafe tidak terlalu keras.

Topik dan pertanyaan seperti apa yang menarik untuk dibuat vox pop?

Pilih topik dengan saksama. Harus tentang sesuatu hal di mana orang punya opini yang tegas. Misalnya, tidak cocok menanyakan soal perkembangan band musik terkini kepada orang-orang usia tua.

PIlih pertanyaan dengan saksama. Pertanyaan yang diajukan harus sederhana dan mudah dimengerti. Ingatlah untuk menanyakan setiap orang pertanyaan yang sama, sehingga jika hasil rekaman diedit tanpa mengikutsertakan pertanyaan, jawabannya akan tetap masuk akal. Ajukan pertanyaan terbuka, dimulai dengan ’apa’, ’siapa’, ’di mana’, ’kapan’, ’bagaimana’, atau ’kenapa’ sehingga jawaban yang keluar bukan jawaban ya-tidak.

Siapa yang perlu diwawancarai? Perlukah ditentukan secara khusus?

Rekam suara dengan variasi yang besar. Vox pop akan terdengar menarik jika itu melibatkan paduan antara suara laki-laki, perempuan, suara yang ringan dan berat, dari berbagai usia dan aksen/logat. Jika vox pop itu mengenai hal yang kontroversial, maka akan menarik jika mengambil opini dari orang-orang dari berbagai sudut pandang argumentasi (pro-kontra-netral).

Jika mengumpulkan suara orang-orang berbahasa asing, perlu dipertimbangkan menggunakan penerjemah, dengan gaya penuturan dari sudut pandang orang pertama misalnya “menurut pendapat saya kebijakan pemerintah tidak bagus”, bukan “dia mengatakan bahwa pendapat pemerintah tidak bagus”.

Targetkan mewawancara sedikitnya 10 orang. Pastikan jawaban yang diberikan singkat. Cukup beberapa kalimat dari setiap orang.

Hal teknis apalagi yang perlu diperhatikan?

Pastikan suara Anda tidak ada di dalam rekaman jawaban opini. Normalnya, suara reporter tidak muncul dalam vox pop, kecuali ketika menanyakan pertanyaan, umumnya di bagian awal. Tapi keseluruhan vox pop dibangun berdasarkan jawaban-jawaban orang. Jika Anda bicara terlalu banyak, ini akan merepotkan proses pengeditan.

Saat merekam vox pop, pastikan alat perekam ada dalam kondisi RECORD/PAUSE. Rekam suara Anda sendiri tengah menanyakan pertanyaan yang bakal diajukan di vox pop pertama. Lalu geser tombol ke arah PAUSE. Saat akan mengajukan pertanyaan berikut, geser ke RECORD. Jengan begitu, Anda tak perlu mengedit pertanyaan terus menerus.

Jangan ragu untuk menanyakan detil jawaban lebih lanjut. Jika memang perlu, edit bahan yang Anda peroleh seperlunya saja. Hati-hati supaya hasilnya tidak mengubah pandangan secara mendasar. Wawancara adalah soal kepercayaan antara orang yang diwawancara dan Anda sebagi wartawan. Vox pop juga adalah wawancara, jadi Anda harus memastikan isinya tidak berubah hanya gara-gara proses pengeditan yang buruk.

Jangan menyerah. Kadang orang terlalu sibuk atau terlalu pemalu untuk menjawab pertanyaan. Bersiaplah untuk mengalami penolakan.

Simpan dengan baik

Simpan data vox pop ini dengan baik dan tambahkan pula di mana dan kapan Anda merekamnya. Suatu saat nanti mungkin Anda memerlukannya, misalnya untuk membandingkan bagaimana orang-orang memandang suatu topic atau masalah. Setelah dua atau tiga tahun mungkin pandangan orang-orang di suatu tempat yang sama akan berubah. Bisa juga tidak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s