Sampah Rumah Tangga, Bagaimana Mengatasinya?

Salah satu tulisan lama di blog ini yang paling sering dikunjungi adalah yang membahas soal sampah. Tepatnya kegalauan saya mengenai bagaimana mengatasi sampah rumah tangga. Yang sempat baca dan berharap mendapatkan solusi bakal kecele tuh, karena saya sendiri juga bingung hehehe….

Kali ini saya tidak mau mengecewakan pengunjung blog. Saya akan membagi kiat-kiat mengatasi sampah yang tak sengaja saya temukan dalam sebuah tulisan dan video mengenai seorang wanita yang secara luar biasa mampu mengurangi volume sampah rumah tangganya. Percaya atau tidak,  jumlah total sampahnya selama dua tahun muat dalam toples ini!

toples sampah

sampah 2 tahun, bukan 2 hari!

Sungguh, kita semua bisa mendapatkan inspirasi dari wanita ini, bagaimana ia berusaha sedemikian rupa untuk menghindari penggunaan plastik pembungkus, menggunakan segala sesuatu yang bisa didaur ulang dan dipakai ulang — mulai dari pemakaian tas kain untuk menggantikan kantung plastik sampai ke sikat gigi bergagang kayu — ia bahkan menolak penggunaan pembalut wanita dan memilih menstrual cup untuk mengatasi tamu bulanannya.

menstrual cup

Ternyata menggunakannya tidak sulit (baca di sini), dan sangat menghemat pengeluaran karena dapat dipakai berkali-kali sampai rusak. Tertarik mencoba?

Selengkapnya, silakan saksikan wawancara dengan wanita warga New York tersebut dalam video di bawah ini. Yakin deh, kita pasti bisa meniru paling tidak satu aksi nyatanya peduli lingkungan. Kalau bisa lebih, mengapa tidak?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s